Tips Cara Merawat Baterai Smartphone Agar Awet

Tuesday, February 2nd, 2016 - Tips dan Trik
Advertisement

Pada kesempatan kali ini bebekgadget.com ini membagikan tips buat agan dan sis bagaimana sih cara merawat baterai smartphone agar gak cepet drop alias biar awet. Kan sering banget tuh yak kita ngeluh. Kox baterai ponsel gw cepet banget abisnya. Baru juga browsing beberapa jam saja udah low batt. Baru juga main game sebentar aja udah low batt. Baru juga chattingan dan facebookan sebentar aja udah low batt lagi. Cepat banget!!

Sering banget ya keluhan-keluhan seperti itu muncul dari para user smartphone yang aktif banget menggunakan smartphonenya. Nah di sini bebekgadget.com ingin memberikan sedikit penjelasan terlebih dahulu. Saat ini kenapa baterai ponsel lebih cepat habis ketimbang ponsel jaman dulu. Itu semua bukan semata-mata karena baterai smartphone agan /  sis rusak. Namun itu adalah hal wajar. Ponsel sekarang dengan ponsel jaman dulu jelas sudah jauh berbeda. Dulu yang namanya ponsel boro-boro bisa internetan, boro-boro bisa main game kayak game playstation dengan gambar tingkat dewa. Sangat berbeda. Dulu ponsel hanya digunakan hanya sebatas smsan dan teleponan. Masih ingat pasti yang pernah merasakan eranya sms gratis sebanyak 100 kali sehari. Hehe… :)

Sekarang zaman sudah beda gan /sis. Sekarang era internet! Sejak tenarnya blackberry di Indonesia, ponsel yang bisa internet adalah wajib hukumnya. Kalo gak mau ketinggalan zaman. Era internet ini membuat smartphone harus bisa online setiap saat alias 24 jam 7 hari. Udah kayak McD aja bro. Haha… Nah inilah yang sangat-sangat menyedot baterai anda. Selain itu perkembangan software smartphone yang semakin canggih ikut memberikan dampak terhadap kinerja processor dan lainnya. Ini makin nyedot baterai gan.

Itulah kenapa smartphone di era internet ini sangat boros baterai sekali. Apalagi kalo aktif digunakan untuk chatting, sosmed, gaming, dll.. Ponsel agan harus kerja extra keras! Otomatis baterainya cepet habis. Namun belakangan ini perusahaan pembuat smartphone mulai memikirkan solusi untuk ini yaitu dengan menghadirkan smartphone-smartphone dengan kapasitas baterai yang besar. Guna menunjang aktivitas daripada si user.

Nah itulah gambarannya terlebih dahulu. Sekarang kita akan membahas cara-caranya atau langkah-langkahnya supaya kita bisa menjaga baterai smartphone kita lebih awet.

1.  Gunakan charger original selalu untuk mengecas ponsel kamu.

Usahakan jangan menggunakan charger dan kabel yang tidak ori , hal tersebut akan sangat berbahaya untuk baterai smartphone anda.

Kalau agan atau sis sedang mencari charger original bisa kunjungi nano store. Jual charger iPhone original dan jual charger samsung original.

2. Terapkan mode penerbangan pada saat mencharger ponsel agan.

Selain mempercepat proses pengisian baterai, mencharger pada mode penerbangan juga dapat menjaga kestabilan arus sehingga baterai tidak bekerja lebih berat.

3. Jangan gunakan smartphone kamu untuk bermain game ketika sedang dicas.

Ini sangat penting, usakan pada saat mencharger tidak ada arus yang keluar terlalu besar. Mengapa? Karena baterai harus kerja 2 kali lipat lebih berat. Harus diisi dan juga mengeluarkan daya.

4. Gunakan power bank yang berkualitas baik.

Jika anda menggunakan power bank, gunakan lah power bank yang berkualitas bagus dan terpercaya. Jangan sembarang membeli power bank. Power bank saat ini banyak yang abal-abal. Hati-hati ketika membeli power bank.

Ingin dapatkan power bank yang baik dan berkualitas? Di nano store tempatnya!

5. Lakukan pengisian atau cas ponsel kamu ketika baterai sudah dalam kondisi low batt. (biasanya di bawah 20%)

Ini gunanya agar agan / sis tidak melakukan recycle charging yang terlalu cepat. Baterai umurnya ditentukan dari seberapa banyak baterai pernah dicas.

6. Jangan lupa cabut charger kamu dari ponsel setelah penuh.

Jangan terlalu sering agan meninggalkan handphone anda dalam keadaan dicas terlalu lama. Over charging bisa memperpendek umur sel baterai smartphone agan.

7. Lepas casing ponsel agan ketika sedang dicas.

Mengisi daya perangkat saat tertutup casing tertentu dapat menumpuk panas secara berlebih, yang dapat memengaruhi kapasitas baterai.

Advertisement
Tips Cara Merawat Baterai Smartphone Agar Awet | Elbert Salim | 4.5
Leave a Reply